SKENARIO 1 (MAHASISWA BARU)
step 1
istilah yang belum diketahui : skenario, 7jumps, prior knowledge, pbl, tutor.
jawaban :
skenario alur cerita naskah yg mengurai adegan dalam suatu struktur.
7jumps : 7 langkah tutorial (pembelajaran dlm kelompok).
prior knowledge : pengalaman / pengetahuan kita tentang skenario.
pbl : cara blajar dgn memakai masalah sbg langkah awal untuk menemukan pengetahuan yang baru.
tutor : pendamping yang bertanggung jawab pada tutorial.
step 2
menentukan masalah:*manfaat pbl?
*penerapan pbl dinegara lain?
*tujuan tutorial?
*tugas tutor?
*tugas ketua?
*tugas sekretaris?
*mengapa step 1-5 memakai PK?
*sumber jawaban berasal darimana?
*mengapa tutor tidak langsung memberi jawaban?
*beda pbl dengan metode konvensional?
step 3
jawaban Step 2
*tujuan tutorial: berbagi pengetahuan, melatih menghadapi masalah dan penyelesaian, dapat ilmu baru, melatih keaktifan
*tugas tutor: memberi penilaian,mengawasi jalannya tutorial
*tugas ketua: mengatur jalannya diskusi, membimbing diskusi, bertanggung jawab atas jalannya diskusi, penengah pendapat, menyimpulkan
*tugas sekretaris: menulis hasil diskusi secara sisstematis, membuat skema
*mengapa pakai PK : untuk mengukur pengetahuan kita
*sumber: dari buku, internet, pendapat oranglain, pakar, jurnal
*mengapa tutor tak memberi jawaban: menuntut kita supaya aktif
step 4
maping -
step 5
LO (Learning Object)
*manfaat pbl?*penerapan pbl dinegara lain?
*tujuan tutorial?
*tugas tutor?
*tugas ketua?
*tugas sekretaris?
*mengapa step 1-5 memakai PK?
*beda pbl dengan metode konvensional?
Step 6
Belaajaar Mandiri
Step 7
Jawaban LO:*Manfaat PBL
.berfikir kritis dan terampil memecahkan masalah
.dapat pengetahuan dan konsep dari materi
.membangun nalar
.dapat pengalaman
*pbl di Kanada, Malaysia, Sidney, dan Irlandia
*tujuan tutorial:
.memicu kemandirian disiplin dan inisiatif
.membantu memecahkan masalah belajar
.meningkatkan motivasi belajar
*tugas tutor:
.pemicu dan pemacu kemandirian belajar siswa dalam diskusi
.membimbing, fasilitator dan mediator mahasiswa membangun pengetahuan nilai sikap dan akademik.
*tugas ketua:
.memimpin jalannya tutorial
.bersama tutor mendorong kelompok berpartisipasi aktif
.bersama tutor menyeimbangkan partisipasi
.menjaga efektifitas diskusi dan alokassi waktu
. ikut berperan rangkap jadi anggota
*mengapa pakai PK ?
.untuk mempengaruhi pengalaman belajar bagi para peserta didik agar memberi suasana yang mendukung keingintahuan, semangat meneliti dan mencari sesuatu yang baru dan menantang.
*beda pbl dan konvensional:
PBL:
.mahasiswa sebagai center (pusat)
.dosen sebagai fasilitator
.mahasiswa dapat menyelesaikan masalah padda suatu kasus
.mahasiswa terbiasa bicara dalam umum atau kelompok kecil
.mahasiswa disiplin dengan memadukan 7jumps
KONVENSIONAL:
.mahasiswa tidak berkembang
.dossen mendominsi
.mahasiswa kesulitan memecahkan sesuatu
.mahasiswa tidak bisa mengapresiasikan pendapatnya
.mahasiswa terpaku aturan pada sistem konvensional
sebagian sumber saya baca dan saya pelajari dari ini dibawah ini, sebagian lagi dari referensi lain, misal dari teman ataupun sumber terpercaya lainnya :)
http://www.docstoc.com/doc
http://elqorni.wordpress.c
http://tutorialpaiuny.word
http://zaifbio.wordpress.c
masyaaarakatt -,-"
BalasHapussepii je -..-"